Jumat, 18 November 2011

IBU HAMIL KEROKAN DAPAT MENYEBABKAN BAYI LAHIR PREMATUR

Terbilang ini sudah menjadi kebiasaan bagi para ibu – ibu yaitu kerokan disaat pegal – pegal, capek, meriang, dsb. Namun kerokan itu ternyata ada bahaya juga loh? Apalagi pada saat ibu sedang hamil, bisa menyebabkan bayi lahir prematur.
Berikut ini adalah penjelasan dari dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan divisi Fetomaternal dr. Ali Sungkar SpOG :
Sebagian orang cenderung belum lega kalau badannya belum dikerokin pada saat mereka merasa pegal- pegal, capek, dan meriang. Biasanya bagian – bagian yang sering dikerokin adalah punggung, leher belakang, bahu, pinggang, dada dan lengan atas.
Inflamasi Pada Permukaan Kulit
Kulit bekas kerokan tadi bisa terjadi inflamasi dan mengalami peradangan. Sehingga pembuluh darah terbuka dan aliran darah menjadi lancar. Karena lebih banyak oksigen dan nutrisi yang tersedia untuk jaringan otot.
Zat yang menyebabkan rasa pegal akan segera dibawa oleh aliran darah untuk dibuang dan dinetralkan. Selain itu inflamasi juga dapat meredakan nyeri otot, juga memicu reaksi kardiovaskuler. Tandanya adalah peningkatan suhu tubuh secara ringan antara 0,5-1 celcius.
Merangsang Kontraksi Dini
Terjadi reaksi terhadap inflamasi tubuh yang akan dilepas oleh mediator anti inflamasi dan keluar zat yang dikenal Cytokines (sel yang memperkuat sistem kekebalan tubuh saat virus memasuki badan). Zat tersebut akan merangsang pelepasan Prostaglandin yaitu zat yang menyebabkan kontraksi pada rahim. Bila dilakukan pada ibu hamil maka akan terjadi persalinan dini/pres term.
Jadi, dikerok dibagian tubuh mana saja, akan terjadi hal yang sama yakni efek lokal dengan manifestasi sistemik.
Maka dari itu, sebaiknya hindari kerokan selama hamil karena reaksi inflamasinya bisa memicu kontraksi dini. Efeknya ke janin memang tidak secara langsung, namun resiko persalinan prematurlah yang dikhawatirkan.
Nah, untuk ibu – ibu hamil, berhati – hatilah. Utamakan kesehatan dan keselamatan buah hati menjelang hamil maupun pada saat persalinan. Berikan yang terbaik bagi buah hati anda.
Sumber : rujakmanis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar