Minggu, 08 Januari 2012

Menambah nafsu makan anak

Ada beberapa hal yang menyebabkan nafsu makan anak berkurang :
1. Karena menu makanan yang dimasak sehari – hari kurang bervariasi.
Masalah ini bisa diatasi dengan :
  • Memasak dengan bahan yang sama tetapi dengan menu masakan yang berbeda, misal ; Bahan dari beras, selain dimasak jadi nasi putih, bisa dimasak jadi nasi kuning, bubur, lontong dsb.
  • Memberikan tambahan makanan selingan yaqng mengandung gizi diantara makanan pokok, Misal ; karamel pisang (cara membuat : Rose brans, telur, vanili, air secukupnya) semua bahan dibuat adonan agak cair, lalu dijladreni dalam teflon setelah itu satu persatu jladrenan tadi digulungi dan didalamny dikasih pisang dan coklat, kemudian digoreng.
  • Usahakan anak makan 3x dalam sehari dan kalau bisa berikan makanan tambahan. Supaya zat yang dibutuhkan oleh tubuh si anak selalu terjaga.
  • Beri multivitamin pada sianak misal ; selain diberi ASi berilah susu menurut umur pada anak (bisa kosultasi gizi kedokter anak)
2. Masa peralihan pemberian makanan pada anak ( umumnya usia 2 tahun keatas) .
Untuk masalah ini bisa di terapi sebagai berikut :
  • Air jeruk nipis 1 sendok makan, tambah gula secukupnya secukupnya. Minumkan 2x dalam sehari setelah makan.
  • Daun pepaya 1 helai, cuci, lalu lumatkan tambah sedikit garam dan air matang dikit demi sedikit kurang lebih 1/4 gelas, peras airnya , lalu minumkanlah sekaligus.
3. Apabila anak menderita sakit perut misalnya cacingan, diare, dll. :
Cacingan :
  1. Mentimun 250 g, tahu 500 g, lalu masaklah menjadi sop.
  2. Daun pare segar 1 genggam, seduh dengan 1/4 air. Saring. Tambahkan 1 sdt madu, kemudian minumkan sebelum makan.
  3. Wortel kering 5, buatlah sebuk dengan cara diparut, seduh dengan air secukupnya, minumkan 2x sehari, tiap minum 5 g.
Menurut cacing yang menyerang cacingan ini dapat dibedakan menjadi 2 macam :
1. Cacing kremi :  Gunakan 3 siung bawang putih, hilangkan kulit arinya kunyah sampai halus kemudian ditelan lanjutkan dengan minum air hangat lakukan  1- 2 x sehari. Atau gunakan 1/4 kelapa hijau dan wortel yang telah diparut campur dengan segelas air saring dan minumlah pada malam hari sebelum tidur.
2. Cacing gelang : Gunakan 60 gram jahe yang telah dikupas dan dibersihkan dan dihaluskan beri segelas air kemudian saring dan beri madu 1 sendok makan, diminum 3x sehari. Atau gunakan sendok biji pepaya lumatkan dan beri madu 1 sendok makan  seduh dengan 1/2 gelas air panas. Minumkan selagi masih hangat 1 x sehari.

Sumber : baitulherbal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar