Senin, 29 Oktober 2012

Pentingnya Ibu Hamil ke Dokter Gigi


Saat diketahui bahwa bunda hamil, ada baiknya bunda tak hanya mengunjungi dokter kandungan saja, tapi juga ke dokter gigi spesialis gigi anak dan ibu hamil (pedodontis).
Kenapa begitu? Dalam kondisi hamil, gusi bunda bisa saja jadi lebih sensitif, lebih gampang membengkak dan berdarah setelah disikat atau dibersihkan dengan benang floss. Perubahan hormon secara bertahap juga memicu terbentuknya plak pada gigi. Akibatnya, gusi jadi lebih peka terhadap bakteri dan infeksi.

Semua ini bisa menyebabkan hal yang lebih serius. Wanita hamil dengan masalah seputar gigi beresiko mengalami keracunan kehamilan serta kemungkinan sampai tujuh kali untuk melahirkan bayi prematur. Resiko ini timbul karena zat kimia yang dihasilkan tubuh untuk melawan infeksi bisa pula memicu terjadinya persalinan.
  • Ini yang bisa bunda lakukan untuk menjaga gigi tetap sehat:
    Lakukan perawatan rutin ke dokter gigi sebelum dan selama hamil minimal 6 bulan sekali.
  • Apabila bunda kerap muntah selama kehamilan, segera bersihkan mulut dengan menyikat gigi.
  • Sikat gigi dengan benar. Menyikat gigi tidak perlu kuat-kuat, cukup menyikatnya dengan perlahan-lahan. Cara ini sudah bisa membantu mengangkat sisa makanan di sela gusi.
  • Sikat gigi dua kali sehari dengan sikat gigi berbulu halus agar mengurangi resiko perdarahan, bersihkan juga dengan benang floss setiap hari.
  • Tidak perlu setiap hari berkumur dengan obat kumur sebab kandungan obat kumur justru bisa membunuh kuman “baik” di mulut.
  • Kunjungi pedodontis dan lakukan pemeriksaan gigi secara menyeluruh. Di samping membersihkan secara total, pedodontis bisa memperkirakan risiko bunda mengalami penyakit gusi dan kerusakan gigi. Saat begitu bunda mengalami sakit gigi, segera menghubunginya untuk membuat janji.
  • Atur pola makanan, hindari makanan yang beresiko meningkatkan karies gigi seperti gula, coklat dan permen. Lebih baik pilih cemilan yang kaya kalsium dan serat seperti buah-buahan dan sayur.
Meski banyak calon ibu menunda berkunjung ke dokter gigi hingga persalinan, bunda tidak perlu ragu ke dokter gigi. Ingat lho bunda, kalau gigi bunda bermasalah saat kehamilan justru bisa berpengaruh buruk ke janin bunda. Jadi segera bikin janji konsultasi dengan dokter gigi ya bunda!
Sumber:
9 Bulan yang Menakjubkan
Parenting Indonesia 
http://zwitsal.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar