Jumat, 11 Februari 2011

Makan Wortel Kulit Menjadi Kuning

Ternyata kebanyakan makan wortel itu bisa membuat kulit bayi atau balita menjadi berwarna kuning. Kalau dipikir-pikir, lucu juga kebanyakan makan wortel bisa jadi kuning... jangan-jangan kebanyakan makan brokoli bisa jadi hijau. Atau jangan-jangan hulk sebenarnya jadi hijau karena sebelum marah makan bayam dulu yang banyak jadi hijau ... hahaha.

Kesimpulannya, semua yang berlebihan itu tidak baik. Contohnya ya wortel ini. Penjelasannya secara acak diambil dan diterjemahkan dari website World Carrot Museum adalah sebagai berikut ...


"Jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, wortel dapat menyebabkan kulit berubah menjadi kuning; fenomena ini, yang disebut "Carotenemia" dan disebabkan oleh carotene yang terkandung pada wortel, biasanya terjadi pada anak-anak dan tidak berbahaya. Perubahan warna kulit ini sama sekali tidak membahayakan, hanya saja dapat menyebabkan teman dan orang di sekitar kaget atau bingung melihatnya.

Ada dua kemungkinan kenapa warna kulit berubah menjadi oranye, yaitu tubuh anda tidak dapat memproses seluruh carotene yang terkandung pada jus wortel yang anda minum, atau hati anda tidak berfungsi dengan baik. Hal baik mengenai kelebihan dosis beta-carotene adalah tubuh tidak mengkonversi kelebihan tersebut menjadi vitamin A. Jika hal sebaliknya yang terjadi, maka kerusakan pada hati dapat terjadi. Oleh sebab itu maka carotene yang berlebih tersebut akan terakumulasi selama beberapa minggu pada kulit, terutama di telapak tangan dan kaki, mengakibatkannya menjadi berwarna agak kekuning-kuningan / oranye.

Satu yang perlu anda ingat, meskipun kelebihan carotene biasanya dapat mengakibatkan perubahan warna kulit pada anak-anak, hal tersebut tidak lazim terjadi pada orang dewasa karena organ hati orang dewasa seharusnya sudah berfungsi dengan baik untuk mengubah beta-carotene menjadi vitamin A dan menghancurkan lebihnya dari tubuh. As a rule, jus bayam tidak akan mengubah anda menjadi hijau, gula merah tidak akan mengubah anda menjadi merah, dan wortel tidak akan mengubah anda menjadi oranye. Orang dewasa biasanya menjadi kuning / oranye pada saat sakit kuning sebagai akibat organ hati congested / kepenuhan, atau mengeluarkan toksin. Kulit adalah salah satu dari empat organ yang melakukan penghancuran/pembuangan dari tubuh. Toksin-toksin tersebut akan dikeluarkan melalui kulit."


Hal penting yang perlu diingat yaitu khusus untuk bayi yang baru lahir, biasanya organ hati belum berfungsi sempurna sehingga kulit dan mata bayi dapat menjadi berwarna kuning karena meningkatnya kadar bilirubin dalam darah bayi. Hal ini perlu anda perhatikan dengan seksama sampai dengan bayi berusia sekitar 2 - 3 minggu. Peningkatan bilirubin yang terlalu tinggi pada masa tersebut dapat berbahaya bagi bayi.

Oke ... ternyata hulk jadi hijau bukan karena makan bayam terus ... hehehe. Mungkin popeye yang nantinya bakal menjadi hijau... hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar