Rabu, 20 Juli 2011

Dampak Menyusu dengan Botol Disaat Tidur

Di malam hari, biasanya Anda akan menidurkan si Kecil di tempat tidur sambil menyusukan Si Kecil dengan menggunakan botol susu. Sebelum Anda melakukan hal tersebut, ada baiknya Anda mengetahui beberapa permasalahan yang dapat ditimbulkan dari menyusu botol disaat tidur. Walaupun menggunakan susu formula ataupun ASI, sebaiknya Anda
mempertimbangkan untuk berpikir dua kali sebelum menidurkan si Kecil
sambil menyusuinya dengan botol.
  • Susu biasanya mengandung kandungan gula didalamnya, dan gula dapat meresap kedalam gigi si Kecil selama menyusu sepanjang malam, dan bisa membuat kerusakan pada gigi (keropos).
  • Ketika si Kecil berbaring sambil menyusu botol, susu dapat mengalir ke saluran telinga yang dapat menyebabkan infeksi pada telinga si Kecil. Si Kecil mungkin dapat tersedak jika ia menyusu dengan menggunakan botol selama ia tidur. Hal ini dapat membahayakan si Kecil karena ia belum tentu mengerti bagaimana cara mengatasi permasalahan ini disaat ia tersedak. Terlebih lagi, si Kecil bisa batuk dan merasa tidak nyaman, resiko-resiko ini dapat terjadi secara bersamaan.
Jika si Kecil sudah terbiasa dengan menyusu botol disaat menjelang tidur, hal ini mungkin akan susah baginya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Ketika ia telah terbiasa melakukan hal tersebut, dia mungkin telah mengasosiasikan antara tidur dan menyusu menggunakan botol, dan akan sangat sulit untuk membuatnya tertidur tanpa botol susu ditangannya. Namun dengan menopang si Kecil di pangkuan Anda dan menyusuinya, membelainya disaat ia menyusu, justru akan mempererat hubungan Anda dan Si Kecil dengan baik.

Bagaimana dengan Mengganti Botol Susu dengan Air Putih?
Jika Anda ingin melepaskan si Kecil dari menyusu botol disaat tidur, Anda mungkin dapat menggantinya dengan botol berisi Air Putih. Si Kecil mungkin akan merasa
nyaman dan mirip dengan menyusu selama ia tidur.

Namun ada dua sisi buruk yang dapat ditimbulkan dengan melakukan hal ini, yaitu :
  1. Anda dapat menukar kebiasaan si Kecil menyusu dengan menggunakan botol berisi air putih. Hal ini menyebabkan si Kecil dengan cepat menghabiskan air yang ada dalam botol dan Anda harus dengan cepat mengisi kembali botolnya agar ia tidak terbangun dan menangis.
  2. Dengan si Kecil meminum banyak air, maka ia akan sering buang air kecil pada malam hari, dan popok nya akan sering penuh dan Anda harus selalu siap menggantinya jika hal ini terjadi sebelum ia bangun dan menangis.
Bagaimanapun juga, jika si Kecil senang dengan botol susu yang diganti dengan air putih, maka teruskanlah usaha Anda ini dengan menghadapi semua permasalahan yang diakibatkan dengan mengganti air putih ini.

Sumber : kafebalita.com

1 komentar:

  1. mau bertanya kalau dengan lambungnya akan ada gangguan engga ya, ?

    BalasHapus