Sabtu, 30 Juli 2011

Siapkan si Kecil Untuk Mengkonsumsi Makanan Padat

Usia 6 bulan merupakan usia dimana bayi membutuhkan banyak asupan zat besi dan nutrisi penting yang bisa diperolehnya dari makanan padat. Saat itu pula bayi siap merasakan pengalaman baru untuk merasakan berbagai rasa dan tekstur makanan. Mulai memberikan makanan padat di usia 6 bulan akan membantu perkembangan gigi dan tulangnya. Yang harus diingat, memberi makanan padat pada bayi, bukan berarti menghentikan pemberian ASI dan susu formulanya.
Meskipun rata-rata bayi akan siap mengkonsumsi makanan pada pada usia 6 bulan, namun adakalanya beberapa bayi belum siap mengkonsumsi makanan padat pada usia tersebut. Sebaiknya anda melihat beberapa tanda-tanda yang mengidentifikasikan bahwa bayi anda sudah siap mengkonsumsi makanan padat, diantaranya:
  • memperlihatkan ketertarikan pada makanan yang dilihatnya, serta kecenderungan mereka yang mulai mengemut jari saat melihat makanan.
  • meningkatnya porsi menyusui baik ASI maupun formula.
  • membuka mulutnya saat disodori sendok
  • memiliki kontrol yang baik pada kepala dan lehernya, serta kemampuan duduk tegak saat disokong.
Memberikan makanan padat saat bayi belum dalam keadaan siap akan mengakibatkan masalah perut dan memicu terjadinya alergi makanan. Selain itu jika pemberian makanan padat benar-benar dijadikan sebagai pengganti ASI atau susu formula, maka anak akan mengalami malnutrisi.
Memberi makanan padat berarti juga mengajarinya untuk belajar makan, Pada usia ini lidah bayi anda sudah mampu mengunyah dan mengontrol dengan baiik.
Jika keluarga anda punya riwatat alergi terhadap makanan tertentu, sebaiknya anda meminta saran dokter terlebih dahulu sebelum mulai memberi bayi anda makanan padat.

Akankan si kecil tersedak?

Di usia 6 bulan lidah bayi sudah mulai bisa mengontrol gerakannya sehingga kemungkinan ia tersedak makanan dapat terhindari. Namun usahan memberinya makanan dengan tekstur lembut seperti bubur bayi atau pure. Potongan wortel, apel, ikan dan daging bertulang, popcorn akan terlalu sulit untuk dikunyah bayi anda. Sementara kacang dan permen merupakan makanan berbahaya bagi bayi anda hingga usiany menginjak lima tahun nanti.

Kapan Mengenalkan Makanan Padat Pada Bayi?

Pada usia 8 bulan, biasanya bayi anda akan mulai memiliki kemampuan mengunyah, yang artinya ia siap mengkonsumsi makanan padat seperti buah-buahan yang telah dicincang. Diusia ini bayi juga mulai siap mengkonsumsi buah-buahan yang bertekstur lembut. Diusia ini pula bayi

mulai bisa diajari aja makan sendiri, meskipun masih berantakan. Mengenalkan yogurt, susu sapi, dan keju juga bisa dikenalkan pada usia ini. Pada usia 12 bulan ia mulai bisa mengkonsumsi makanan berbentuk potongan seperti daging, mereka juga sudah mulai bisa memegang sendok dengan berbagai posisi tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar